Pengaruh Struktur Kekar Terhadap Stabilitas Bangunan Jembatan Di Daerah Kokap-Yogyakarta

Asmoro Widagdo

Abstract


Rekahan pada batuan atau kekar umum dijumpai di lapangan yang dapat terbentuk pada setiap jenis batuan. Kehadiran kekar dapat berpengaruh terhadap infrastruktur yang dibangun diatas batuan yang terkekarkan. Stabilitas tubuh jembatan di daerah kajian  yang berada diatas batuan beku andesit terkekarkan mengalami gangguan akibat gerusan batuan dasar yang terkekarkan.

            Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi jenis kekar dan mengukur kedudukan jurus serta kemiringan sejumlah kekar. Jenis kekar dikelompokan dalam kelompok kekar gerus dan kekar tarik. Kedua jenis kekar ini dianalisis secara terpisah. Terhadap hasil pengukuran kedudukan bidang kekar dilakukan analisis diagram bunga jurus kekar, diagram kipas kemiringan kekar, diagram kontur jurus kekar.

            Kehadiran kekar tarik di daerah kajian dengan kemiringan umum yang relative tegak, telah menyebabkan terjadinya gerusan sungai secara vertical. Hal ini menyebabkan bagian tengah sungai yang menjadi dasar jembatan  menjadi semakin dalam. Kekar gerus dengan kemiringan lebih landai di sekitar kekar tarik menyebabkan erosi lateral ke kanan dan ke kiri juga intensif. Kombinasi gerusan ini menyebabkan menggantungnya pondasi jembatan yang dibangun di daerah kajian.


Keywords


andesit, jembatan,kekar tarik, kekar gerus, sungai.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.34126/jlbg.v13i1.319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

                                        RJI Main Logo