Hubungan Potensi Likuifaksi Pada Endapan Gunungapi Merapi Muda Dengan Kerusakan Bangunan Di Kabupaten Bantul Pada Kasus Gempabumi 27 Mei 2006

Taufiq Wira Buana, Muhammad Wafid A.N., Imam A. Sadisun

Abstract


ABSTRAK
Kerusakan bangunan merupakan salah satu kerugian saat gempabumi 27 Mei 2006 di Kabupaten Bantul. Bangunanbangunan tersebut berada pada Endapan Gunungapi Merapi Muda yang berumur Kuarter, dan endapan tersebut merupakan material yang belum terkonsolidasi, tersususn atas endapan pasir, lanau, dan lempung yang relatif berada dalam kondisi jenuh air. Kondisi ini berpotensi untuk terjadinya likuifaksi dan telah terbukti dengan kejadian likuifaksi pada saat gempabumi tersebut. Fakta di lapangan menunjukkan lokasi yang terlikuifaksi mengalami kerusakan bangunan yang relatif lebih parah. Konfirmasi dari penelitian terdahulu terhadap karakteristik likuifaksi yang terjadi pada saat itu telah diterapkan dengan pendekatan konsep tegangan siklik. Hasilnya menunjukkan potensi likuifaksi tinggi sebanding dengan tingkat kerusakan bangunan aktual yang telah dipetakan oleh UNOSAT dan RESPOND.
Kata kunci: Endapan Gunungapi Merapi Muda, potensi likuifaksi, kerusakan bangunan

ABSTRACT
Building damage is one of the earthquake destructed effects at May 27th, 2006 on Bantul region. The buildings lie on Quarternary Young Volcanic Deposits of Merapi Volcano that consist of unconsolidated material such as saturated sand, silt, and clay deposits. This condition is potential to liquefaction and it had proven when the earthquake occured. In fact, the liquefied locations show relatively extensive collapsed buildings. The early research with cyclic stress concept against liquefaction behavior due to earthquake have been confirmed. The result shows high liquefaction potential equivalent to actual damaged buildings rating mapped by UNOSAT and RESPOND.
Keywords: Young Volcanic Deposits of Merapi Volcano, liquefaction potential, damaged buildings


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.34126/jlbg.v7i2.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

                                        RJI Main Logo